Alat Musik Tradisional Daerah Papua Barat

Dulunya Papua Barat ini bernama Irian Jaya Barat yang berdiri atas basic UU No. 45 pada th. 1999 yang bersebelahan segera dengan Propinsi Papua di sebalah Timur, di samping Selatan dengan lat Banda, Propinsi Maluku, selebah Utara bersebelahan dengan Samudra pasifik serta samping bara bersebelahan dengan laut Seram.

Pada th. 2007 tanggal 18-04-2007 Irian Jaya Barat beralih jadi Propinsi Papua Barat berdasar pada Nomor 24, yang mempunyai Glimpse of the Neck serta Kepala Singkong yang menghadap ke kanan di bagian bola hijau kalau Propinsi Papua Barat dengan geografis terdapat di daerah kepala leher Burung Pulau Papua, serta ketika yang sama mempunyai filosofi keberanian, ketangguhan, kemampuan serta kemampuan untuk hadapi tantangan pembangunan di masa depan serta untuk menyatakan kalau dalam semangat persatuan serta kesatuan.

Tetapi bukanlah itu saja seperti yang kita ketahun Propinsi Papua Barat banyak juga mempunyai kekhasan yang beragam jenis masyarakat serta suku aslinya, rumah-rumah kebiasaan yang unik dan alat musiknya yang sangat banyak serta memiliki suara yang indah.

alat musik tradisional papua barat
gambar alat musik tradisional papua barat

Nah pada artikel ini saya akan memberi sedikit beberapa macam serta pengertian tentang alat musik tradisionil yang datang dari Povinsi Papua Barat, sebagian masa lalu Kisplus juga memberi sedikt pengertian tentang alat musi tradisionil Jawa Timur, serta saat ini saatnya aya akan memberi pengertian tentang alat musik tradisionil yang datang dari Papua Barat.

Alat Musik Tradisional Papua Barat

Tifa

Alat musik ini berupa seperti jam pasir di bagian tenganya mengecil serta pada ujung alat musik tifa tertutupi dengan kulit biawak yang digabung dengan getah damar yang ada dibeberapa titik untuk mengukur suara alat musik tifa.

Alat musik ini memiliki sebutan pada seorang Biak dimaksud dengan Sirep, di sentadi dimaksud dengan Wachu serta pada seorang Malin Amun dimaksud dengan Tifa, alat musik Tifa berkembang dibeberapa suku di Papua, tetapi dari perubahan jaman alat ini sudah jadi alat musik jati diri dari orang-orang Papua.

Tifa umumnya digunakan untuk menemani Tarian Perang serta sebagian tarian daerah yang lain seperti Tari Lenso dari Maluku yang diiring dengan juga alat musik tradisionil Totobuang.

Atowa

Atowa adalah alat musik yang dimainkan lewat cara memakai dua tangan, tangan yang kiri memegang tubuh Atowa serta tangan yang kanan menabuh lewat cara dipukul supaya membuat irama yang indah.

Butshake

Alat musik Butshake adalah alat musk yang datang dari Suku Muyu, Kabupaten Merauke, Papua Barat. Butshake terbuat berbahan bambu serta buah kenari yang mempunyai suara gemericik ketika diayunkan atau dapat juga dengan dikocok memakai tangan pemain.

Kerombi

Krombi atau seringkali dimaksud dengan sebutan Kerombi yang disebut alat musik tradisionil Papua Barat, yang dapat diketemukan di Daerah Kampung Seremuk Sorong Selatan, Krombi ini terbuat berbahan bambu.

Alat musik ini dimainkan lewat cara dipetik serta bekerjasama dengan alat musik lainnya seperti Nailavos, Karapra, serta pikon, yang dimainkan sebagai pengiring tarian pada pesta kebiasaan bakar batu.

Pasangan dari Kee

Alat musik Paar serta Pee memiliki peranan sebagai penutup kelamin beberapa golongan pria kebiasaan Papau, Paaryang datang dari labu kering sedang Kee berasal berbahan tulang burung kasuari.
Walau Paar serta Kee digunakan untuk menutupi alat kelamin pria, alat ini berperan sebagai alat musik tadisional Papua Barat, yang dimainkan lewat cara melompat-lompat yang hingga ke-2 benda itu bersentuhan serta meciptakan satu buyi yang mempunyai irama spesifik.

Yi

Alat musik Yi adalah alat musik yang memiliki bentuk sperti seruling yang terbuat berbahan kayu serta bambu, alat musik ini dulunya digunakan sebagai alat untuk menyebut masyarakat dan alat sebagai pengring taian tradisionil.
Cara memainkkanya juga yaitu dengan cara dipukul dengan dengan keras.

Pikon

Alat musik tradisionil Pikon adalah alat musik yang datang dari Suku Dani Propinsi Papua Barat, alat musik ini dikatakan sebagai alat musik yang cukup khusus serta tidak sembarang orang bisa memainkan alat ini, karena cara memainkannya yang begitu cukup rumit sekali, serta alat ini cuma dapat dimainkan oleh golongan pria Suku Dani.

Alat musik Pikon datang dari kata Pikonane, dalam bhs Balem yang bermakna alat musik Bunyi. Suara yang dibuat relatif sumbang, karena alat musik itu dulunya cuma digunakan sebagai pembasmi rasa capek serta suara yang dibuatnya juga relatif serupa dengan suara kicau burung yang tidak bernada.

Tetapi seiringnya jaman alat musik tradisionil Pikon turut berkembang serta hasilkan dana Do, Mi serta Sol.

Amyen

Amyen ini adalah alat musik yang dapat juga dimaksud dengan terompet, alat musik ini berasal berbahan kayu khas suku Situs, kabupaten Keerom. Alat musik Amyen digunakan dalam acara peringatan sinyal bahaya saat berlangsung perang Suku
Alat musik Amyen dimainkan lewat cara ditiup dengan keras.

Guoto

Guoto meruupakan alat msik yang datang dari Papua Barat yang terbuat berbahan hayu serta kulit Lembu, Guoto juga ada Dawar yang digunakan lewat cara dipetik memakai tangan pemain.

Tersebut sedikit yang saya kenali tentang Alat Musik Tradisional Papua Barat yang datang dari Propinsi Papua Barat. Kita sebagai bangsa Indonesia harus menyukai yang menebar luaskan alat musik tradisionil ataupun budaya-budaya yang berada di Indonesia yang lain.